Depok : Transformasi Anggota Koperasi

Transformasi keanggotaan koperasi akan dilakukan di Depok, Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, Jawa Barat Teguh Prajitno.

Menurut Teguh, tranformasi anggota koperasi ditujukan untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk transformasi keanggotaan, pihaknya akan melibatkan generasi milenial dalam berkoperasi. Pasalnya, kata dia, saat ini banyak kaum milenial yang tidak mengetahui dan memahami nilai dari koperasi.

Selain anggota, ada tiga jenis transformasi yang akan menjadi fokus Dekopinda Depok. Yakni bisnis, digital, dan kelembagaan koperasi.

"Transformasi pada bidang bisnis juga penting, karena koperasi sebagai badan usaha harus memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Kota Depok," terang Teguh seperti dilansir berita.depok.go.id pada Jumat (15/07/22).

Transformasi digital, kata Teguh diperlukan karena era sekarang sudah mengaplikasikan digitalisasi dalam proses berbisnis agar semuanya dapat terdeteksi dan tertata dengan rapi. 

"Kalau masih dilakukan secara manual akan menyulitkan dalam proses bisnisnya ke depan."

Sedangkan transformasi kelembagaan, kata Teguh juga urgen. "Terakhir, trasnformasi pada kelembagaan juga sangat penting agar seluruh anggota koperasi dapat banyak kemudahan dalam menjalankan bisnisnya," tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Depok Dede Hidayat mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menggandeng  komunitas maupun koperasi di Kota Depok. Tujuannya untuk memperkuat sinergitas dan koordinasi dengan anggota yang ada di kelurahan maupun kecamatan.

"Dengan begitu diharapkan keberadaan koperasi bisa semakin eksis," ujarnya.

(Susan/foto :berita.depok.go.id)

Kategori
INFO

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar