Menikmati Hijau di Jembatan Gantung Situ Gunung

Ingin menikmati hijau dedaunan dengan udara segar dan sensasi meniti jembatan? Jembatan gantung Situ Gunung bisa menjadi tujuan.

Hamparan hijau membentang, udara segar, dan kabut tipis mengelus kulit begitu kita sampai di depan jembatan gantung Situ Gunung pada pagi hari. 

Jembatan gantung Situ Gunung menjadi salah satu destinasi wisata instagramable yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

Lokasi jembatan gantung Situ Gunung atau Situ Gunung suspension bridge berada di area  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Tepatnya di Desa Gunung Pangrango Kecamatan Kudadampit, Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).  Atau sekitar 700 meter dari pintu masuk TNGGP Resort. 

Area wisata ini diresmikan pada Maret 2019 dengan menelan biaya pembangunan sekitar Rp 4 miliar. Jembatan ini menghubungkan area Situ Gunung ke  Curug Sawer. 

Material jembatan dari kayu ulin dengan jaring baja sebagai pembatas di sebelah kiri dan kanan. Panjang jembatan sekitar 243 meter, lebar 1,2 meter dan berada di ketinggian 107 meter dari dasar tanah.

Garis di Kanvas Hijau

Dari depan, Situ Gunung suspension bridge alias jembatan gantung Situ Gunung terlihat serupa garis di kanvas berspektrum hijau.

Jembatan panjang membentang dengan hutan hijau di sekitarnya tentu menyegarkan mata yang melihatnya. Suara gesekan dedaunan menjadi irama alam membuat hati kita tenang.

Namun keindahan itu memerlukan sedikit nyali jika kita ingin melaluinya. Mengapa? Namanya saja jembatan gantung. Jangan berharap ia stabil ketika kita menapak, apalagi saat angin menyapa. 

So, begitu kita memutuskan jalan di atasnya, kita harus siap menerima resiko jembatan agak bergoyang. Juga suka cita menikmati indahnya pemandangan hijau di sekitarnya.

Kabar baiknya, meski agak goyang ketika ada angin, kita tidak perlu khawatir. Karena jembatan ini ditopang delapan sling baja untuk keamanan pengunjung. 

Untuk jumlah pengunjung di atas jembatan, maksimum 40 orang. Kendati jembatan ini diklaim bisa menopang berat di atasnya hingga 70 ton.

Tiket Masuk

Jam buka jembatan gantung Situ Gunung dari pukul 06.00 wib hingga 16.00 wib. Berapa tiket masuknya? Dulu, tiket masuk ke sini hanya terbagi dua yakni anak-anak Rp 25 ribu dan dewasa Rp 50 ribu.

Sekarang tiket masuk terbagi tiga yakni reguler Rp 50 ribu, VIP Rp 100 ribu, dan VVIP Rp 150 ribu. Lalu apa bedanya?

Tentu beda. Tiket reguler, pengunjung harus jalan kaki untuk mencapai lokasi sekitar 15 menit hingga 20 menit. Tiket VIP dan VVIP bisa menggunakan mobil pribadi atau naik shuttle bus yang disediakan dan turun di dekat restoran de Balcony. Fasilitas lain bagi pengguna tiket ini yakni welcome drink.

Menariknya nih, pengunjung jembatan gantung Situ Gunung juga bisa menikmati permainan dan wisata lain yang disediakan. Seperti fyling fox, perahu sampan, Curug Sawer, camping Ground, danau dll.

Curug Sawer berasal dari aliran Sungai Cigunung. Di sekitarnya terdapat juga danau dengan luas 120 hektar. Sedangkan area camping ground menempati lahan dengan luas 5 hektar.

Bagaimana, tertarik mengunjungi destinasi wisata ini?

(Susan:foto/istimewa)

Kategori
JEDA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar