Puncak Harkopnas dan Pengakuan Eksistensi Dekopin

Oleh : R. Nugroho *)

img-1689307836.jpg


Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76 yang digelar di Tennis Hall Istora - Gelora Bing Karno, pada 12 Juli lalu, merupakan wujud pengakuan Dekopin sebagai wadah gerakan koperasi Indonesia.

Mewakili Presiden Republik Indonesia, hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Hadir juga Ir Fadel Muhamad, Wakil Ketua MPR-RI dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sekaligus memberikan pengakuan kepada Dr.Sri Untari Bisowarno MAP, sebagai ketua Dekopin.

Dengan pernyataan di awal sambutannya, Teten Masduki menyatakan Dr. Sri Untari sebagai Ketua Umum Dekopin. Telah  menghilangkan semua keraguan seluruh Gerakan Koperasi Indonesia tentang siapa ketua umum dekopin yang saat ini diakui oleh Pemerintah.

Menkop Teten Masduki sebagai wakil pemerintah mengharapkan peran ketua umum Dekopin bersama gerakan koperasi Indonesia, untuk ikut serta menyelesaikan tugas membangun dan memberdayakan koperasi sebagai salah satu pelaku perekonomian bangsa, adalah pengakuan tegas akan kehadiran Dekopin dibawah Sri Untari sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi Indonesia kedepan 

Pernyataan menteri koperasi tersebut di atas, disampaikan di hadapan tokoh tokoh gerakan koperasi seperti Prof Sri Edi Swasono, Prof JG Nirbito, hingga tokoh gaek gerakan Koperasi Pegawai RI H. Aloewi. Termasuk para pembina koperasi di lingkungan Angkatan Bersenjata RI seperti Danjen Kopasus, Korps Marinir dan tokoh gerakan koperasi lainnya. Merupakan harapan pemerintah kepada semua gerakan koperasi Indonesia dibawah Dekopin yang dipimpin Sri Untari, sebagai aktor  penggiat koperasi untuk menghadirkan koperasi Indonesia sebagai pilar utama dalam membangun kesejateraan bersama masyarakat sebagaimana di amanatkan UUD 1945.

Pernyataan Menteri Koperasi dalam sambutannya di hadapan perwakilan gerakan koperasi yang hadir dalam puncak acara peringatan Hari Koperasi Indonesia di atas ,sekaligus mengakhiri gonjang-ganjing di kalangan Gerakan Koperasi Indonesia tentang siapa Ketua Umum Dekopin yang diakui Pemerintah.

Tugas kedepan, bukan lagi mempersoalkan siapa ketua umum Dekopin, tetapi bagaimana Pemerintah bersama seluruh gerakan koperasi bergandengan tangan membangun dan mengembangkan koperasi sebagai pilar pembangunan kesejahteraan masyarakat. Semoga. ()

------

*) Penulis merupakan pegiat Koperasi Pegawai RI Provinis Jawa Timur, dan peraih A Lifetime Ahievements Award dalam Puncak Harkopnas di Jakarta, 12 Juli 2023.

Kategori
KOLOM

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar