Meraup Cuan Sepotong Croffle

Croffle menjadi cemilan kekinian yang digemari kaum urban. Tertarik mencoba peluang bisnis croffle?

Jika masuk ke bakery di kota-kota besar sekarang, pengunjung akan menemukan varian baru yang saat ini sedang happening, yakni croffle. 

Atau pernah melihat kafe di mall yang menjual croffle dan pengunjungnya selalu ramai? Seperti Social Affair. Croffle di Social Affair dibandrol Rp 28 ribu untuk satu croffle dengan topping sirup maple.

Bukan hanya Social Affair, Tous Les Jours juga menjual croffle dengan dua varian. Harga bandrol croffle di Tous Les Jours untuk varian cinnamon sugar sekitar Rp 22 ribu. Sedangkan varian strawberry dijual Rp 27 ribu per buah..

Apa bedanya croffle dengan waffle? Agak mirip, tapi berbeda. Croffle sejatinya singkatan croissant dan waffle. Dari namanya, bisa ditebak seperti apa tekstur dan rasa croffle. Crispy, lembut, gurih, sedikit manis.

Camilan yang ditemukan oleh chef pastry asal Dublin Irlandia bernama Louise Lennox ini,  dibuat dari adonan croissant dilapisi mentega dan dituang ke dalam cetakan waffle.

Croffle pertama kali diciptakan oleh Louise Lennox, seorang koki asal Dublin, Irlandia. Cemilan ini pertama kali dijual di kafe La petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di Dublin.

Croffle kemudian kian dikenal luas setelah selebritis Korea kerap memposting di akun medsos mereka. Bisa ditebak, croffle pun mulai digemari oleh kpopers, dan masyarakat luas.

Peluang Cuan

Banyaknya youtuber yang mengulas croffle membuat popularitas kudapan ini tak terbendung. Alhasil, peluang bisnis kuliner croffle pun terbuka lebar.

Merespons banyaknya peminat croffle, pada Juli 2021 Alvin tertarik membuka usaha croffle dengan merek Croffle by Dapur Pinpinto. Ia menjalankan bisnis croffle di Bali. Karena di sana masih sedikit yang menjual croffle.

Awal berbisnis Alvin hanya menerima pesanan lewat pre-order atau PO. Siapa nyana sekarang setiap bulan paling sedikit ada 2 ribu croffle yang terjual dengan omset sekitar Rp 13 juta.

Croffle besutan Alvin dibuat dalam paketan dengan  isi sekitar 5 hingga 10 buah dalam satu paket dengan kisaran harga Rp 32 ribu. 

Untuk topping saus beragam yakni original, maple syrup, milky cream, choco crunchy, hingga nutella. Terbayang kan rasanya? Kulit croffle yang crunchy dikombinasi dengan  dipping sauce.

Bobby Handoko menjadi pelaku usaha lain yang meraup cuan dari croffle dengan merek dagang Dear Butter. 

Dalam sehari Bobby bisa menjual 1600 croffle. Artinya, dalam sehari terjual sekitar 550 porsi paket berisi 3 croffle dengan harga  bandrol mulai dari Rp 27 ribu hingga Rp 80 ribu.

Dear Butter kini telah berkembang menjadi  50 gerai yang tersebar di berbagai daerah seperti Jabodetabek, Palembang, Jambi, Semarang, Surabaya, dan Pekanbaru.

Bagaimana? Tertarik mengikuti jejak mereka?

(Susan/foto : Susan)

Kategori
WIRAUSAHA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar