Koperasi Ini Budidaya Padi Organik

Koperasi Serba Usaha (KSU) Gardu Tani Al Barokah yang berlokasi di Desa Ketapang, Susuka, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) saat ini menggarap 180,32 hektar. 

Ketua KSU Gotong Royong Al Barokah Taufiqurrohman menjelaskan dengan lahan seluas 180,32 hektar, kapasitas produksi tercatat sebesar 2.800 ton GKP dan 73,3 ton kacang seperti dilansir web kemenkopukm.go.id.

Koperasi beranggotakan petani ini menanam padi organik dan kacang. "Yang jelas, varietas padi organik menjadi salah satu komoditi andalan petani di Desa Ketapang," jelas Taufiqurrahman.

Menurut dia, padi organik dinilai lebih menguntungkan. Pasalnya harga jual komoditi ini lebih tinggi dan cenderung stabil. 

Dikatakan Taufiqurrahman padi yang dibudidayakan anggota koperasi adalah jenis padi lokal. Seperti padi hitam, merah, putih, mentik susu, ketan hitam, cisokan, pandan wangi, dan lain-lain

KSU Gotong Royong Al Barokah beranggotakan 1082 petani dari 16 kelompok tani dan 3 kelompok wanita tani. Koperasi ini berdiri pada 2002. Namun, sebelumnya anggota telah tergabung dalam paguyuban petani sejak 1998.

(Susan/foto : istimewa)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar