Kodanua Wajibkan Yang Bertransaksi Menjadi Anggota

Mulai tahun 2022 calon anggota dan masyarakat yang bertransaksi dengan Kodanua wajib menjadi anggota. Syarat keanggotaan dipermudah.

Senin pagi (7/7/2022) lobby hotel Aston Priority di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan diramaikan dengan orang-orang berseragam batik. Di dekat entry gate, terpasang spanduk rapat anggota tahunan (RAT) KSP Kodanua. Mereka akan mengikuti kegiatan RAT Kodanua yang berlangsung di lantai 26 ballroom Hotel Aston.

Sekitar 200 an orang peserta rapat anggota duduk dalam formasi round table. Sejatinya koperasi dengan kantor cabang 22 unit ini akan menghadirkan seluruh anggotanya. Karena terganjal aturan PPKM, maka hanya 200 orang yang hadirkan. Demikian dituturkan Ketua Umum KSP Kodanua HR Soepriyono, S.AB.

Soepriyono menyoroti pandemi yang telah berlangsung dua tahun dan berdampak ke Kodanua. "Akibat pandemi yang masih terus terjadi, mempengaruhi kinerja koperasi, di mana hanya mampu merealisasikan sebesar 60 persen dari program kerja yang telah ditetapkan."

Hal lain yang disampaikan Soepriyono yakni kebijakan yang mewajibkan setiap orang yang bertransaksi dengan Kodanua wajib menjadi anggota. 

"Untuk menumbuhkan jiwa dan semangat berkoperasi, pada tahun 2022 pengurus mengambil kebijakan, setiap orang yang baru bertransaksi dengan Koperasi Kodanua, wajib menjadi anggota, dan kembali mendorong kepada para calon anggota menjadi anggota dengan mempermudah pembayaran simpanan pokok dengan cara menganggur." 

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki melalui aplikasi zoom memberikan sambutan. 

"Pemerintah jg trs memperkuat kop sbg alternating pembkayaan.Kop kodanus dpt mjd partner pemerintah.Hal ini sjlan dg visi mjd lembaga keuangan alternatif."

Sementara Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Ahmad Zabadi hanya memberikan uraian pendek. "Karena Pak Menteri sudah memberikan sambutan, maka saya hanya pendek saja."

Zabadi kemudian membuka rapat anggota dengan memukul gong lima kali. Pemukulan gong disaksikan Ketua Umum Kodanua HR Soepriyono, Ketua I Kodanua Tommy Priyanto, dan Ketua IKSP Andy Arslan Djunaid.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua IKSP Andy Arslan Djunaid yang memberikan support kepada Kodanua untuk tetap semangat kondisi sulit karena COVID.

Selain Ketua IKSP dan Deputi Perkoperasian Kemenkop, RAT Kodanua juga dihadiri sejumlah tamu undangan yakni Asisten Deputi Pengawasan Suparyono, wakil dari Dinas Koperasi UKM DKI Jakarta, Suku Dinas Koperasi UKM Jakarta Barat, dan sejumlah pegiat koperasi besar di tanah air.

(Susan/foto : Susan)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar