Inovasi KPN Mart

Sejak efektif beroperasi pada 2018, KPN Korpri OKU Timur di kecamatan Martapura terus tumbuh baik jumlah anggota maupun unit bisnis. Terbaru, pada tahun ini koperasi pegawai ini mendirikan ritel modern bernama KPN Mart.

KPN Mart yang berlokasi di Jalan Raya Lintas Sumatera, Kotabaru Selatan, diresmikan pada April 2022. Peresmian ritel dihadiri Bupati OKU Timur Lanosin dan Wakil Bupati M Adi Nugraha Purna Yudha.

Ketua KPN Korpri Didik Riyadi mengungkapkan saat ini sudah lebih dari 10 jenis produk UMKM lokal yang sudah masuk di KPN Mart. 

“Jadi KPN mart ini adalah salah satu unit usaha KPN Korpri yang memiliki manajemen sendiri. Ini sekaligus turut serta membantu program pemerintah dalam meningkatkan perkembangan UMKM di OKU Timur."

Didik menambahkan,"Bagi pelaku UMKM yang ingin produknya bisa dijual di KPN mart harus sudah terdaftar di Dinkes dan PIRT (Perizinan Industri Rumah Tangga), silahkan daftar ke Manager KPN Mart, nanti diseleksi terkait perizinan, kemasan dan lainnya,” papar Didik seperti dilansir laman sriwijaya.id

Selain unit baru yakni KPN mart, KPN Korpri juga membesut unit lain yakni USP dan waserda.

"Potensi simpan pinjam (USP-red) sangat besar, terbukti masih banyaknya pengajuan ASN yg belum dapat direalisasikan,” terang Didik seperti dilansir rmol.id.

Terkait dengan potensi USP yang besar, koperasi pegawai ini saat ini KPN telah menjalin kerjasama dengan perbankan yakni Bank Syariah Indonesia dan Bank Sumsel Babel Syariah. 

"Tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak instansi yang digandeng untuk memberi manfaat bagi anggota."

Bahkan, dalam waktu dekat, kata Didik, pihaknya akan berkolaborasi dengan Pegadaian terkait kredit logam mulia. 

"Semoga KPN Korpri dapat memberikan manfaat-manfaat seperti permodalan UMKM, menjual produk-produk terjangkau bagi ASN, membuka lapangan kerja baru, dan menjadi tambahan pendapatan koperasi."

Dikatakan Didik KPN Korpri didirikan pada 2017 namun baru efektif beroperasi di tahun 2018. Jumlah anggota saat ini mencapai 2000 ASN. Sedangkan aset koperasi sekitar Rp 5 miliar.

“Dalam wkatu dekat kita akan kerja sama dengan Pegadaian terkait kredit logam mulia. Semoga KPN Korpri dapat memberikan manfaat-manfaat seperti permodalan UMKM, menjual produk-produk terjangkau bagi ASN, membuka lapangan kerja baru, dan menjadi tambahan pendapatan koperasi,” kata Didik.

(Susan/foto : istimewa)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar