RAT Koperasi Bina Warga Bekasi


Meskipun agak terlambat, Koperasi Bina Warga (KBW) Bekasi, berhasil menggelar Rapat Anggota tahunan (RAT) Tahun Buku 2023, 29 September lalu. Pentingnya kesadaran bersama untuk tunaikan kewajiban demi memajukan koperasi.

 

Kesadaran bersama dalam kewajiban dan hak, menjadi hal penting dalam tatakelola koperasi yang sehat. Hal tersebut disadari entitas Koperasi Bina Warga (KBW), yang berlokasi di Kranji Kota Bekasi.

KBW terus berupaya memberikan pemahaman tentang koperasi yang benar. Hal ini dilakukan mengingat KBW merupakan koperasi masyarakat, dimana seluruh anggotanya memiliki karakter berbeda-beda. “Pelaksanaan kegiatan pendidikan anggota merupakan implementasi dari program kerja yang telah dicanangkan KBW, selain itu pemahaman tentang koperasi juga dilakukan KBW ketika ada masyarakat yang mau menjadi anggota koperasi. Disinilah kami berikan pemahaman bahwa koperasi itu adalah milik bersama bukan milik pengurus, pengawas dan karyawan,” ungkap Samsudin, Ketua Koperasi Bina Warga (KBW). 

Terkait dengan Rapat Anggota, Koperasi Bina Warga (KBW) mengalami keterlambatan melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT), dimana RAT Tahun Buku 2023 baru bisa dilaksanakan pada tanggal 29 September 2024, hal itu disebabkan masih banyaknya anggota yang belum memenuhi kewajibannyanya, yaitu membayar angsuran pinjaman.

Situasi tersebut, meyebabkan kinerja KBW mengalami gangguan, terutama terkait pendapatan dari pelayanan simpan pinjam. Kendati terjadi kemacetan dalam pengembalian namun pengucuran kebutuhan pinjaman anggota tetap terlayani. Total aset KBW tahun 2022 sebasar Rp 4,1 milyar menurun dibandingkan tahun 2023 yaitu sebesar Rp 3,9 milyar. Menurunnya jumlah aset ini disebakan adanya pengeluaran simpanan anggota yang berhenti, saat ini KBW akan merekrut anggota yang berkualitas dan bukan mengejar kuantitas. (Edi Supriadi).

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar