Tumbuhkan Inklusi Keuangan, KSP IKR dan PT KBN Graha Medika Jalin Kemitraan

Sebuah langkah strategis ditempuh Koperasi Simpan Pinjam Inklusi Keuangan Rakyat (KSP IKR) melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT KBN Graha Medika, di Jakarta, Kamis (24/6).

Dalam penandatanganan kerjasama, KSP IKR diwakili oleh Yosi Afianto selaku CEO dan PT KBN Graha Medika diwakili Achmad Mawardi selaku Pgs Direktur PT KBN Graha Medika.

Melalui kerjasama itu, KSP IKR berperan sebagai fasilisator Layanan Simpan Pinjam Koperasi yang disediakan untuk Karyawan PT KBN GRAHA Medika yang sudah menjadi Anggota KSP IKR.

Dalam pernyataannya, CEO KSP IKR Yosi Afianto menyampaikan, bahwa KSP IKR merupakan Primer Koperasi Nasional pada segmen mikro dan ultra mikro yang hadir di era Revolusi Industri 4.0.

Mengusung Platform "Koperasi Digital", Layanan KSP IKR kepada Anggota niscaya lebih trengginas, mudah, dan dan real time (online) sebab sudah terintegrasi dengan Bank melalui Mobile Apps Koperasi (Aplikasi DotX).

Yosi menambahkan, Mitra Kerjasama KSP IKR meliputi Institusi Pemerintah dan Institusi Swasta di seluruh Indonesia melalui Skema Kerjasama C to B (Cooperative to Business) atau C to G (Cooperative to Government), KSP IKR juga melakukan Kerjasama dengan Kopkar/Kopeg sebagai Mitra Kerjasama melalui Skema C to C (Cooperative to Cooperative). 

Terpisah, Ketua KSP IKR Charlie Chandra mengatakan, KSP IKR hadir saat pandemi Covid 19 yakni di akhir tahun 2020, tepatnya ketika Pemerintah tengah melakukan exit strategy agar pandemi tidak berdampak semakin dalam terhadap perekonomian nasional.

Pemerintah melakukan percepatan digitalisasi pada semua sektor perekonomian termasuk sektor perkoperasian. Hal itu pula yang mendasari KSP IKR mantab memilih platform Koperasi Digital.

"Kehadiran KSP IKR sebagai Koperasi Digital tidak hanya mendukung pemerintah dalam rangka Digitalisasi Koperasi, namun juga sebagai gerakan ekonomi rakyat, sesuai Pasal 33 UUD 1945," papar Charlie. 

Kedepan, KSP IKR diharap berandil memperkokoh ketahanan ekonomi nasional melalui inklusi keuangan di sektor perkoperasian, khususnya pada segmen mikro dan ultra mikro sehingga hadirnya Koperasi dapat menyasar masyarakat secara lebih luas dengan memberikan manfaat yang optimal. Sekaligus menempatkan KSP IKR menjadi platform yang tepat bagi setiap stakeholders untuk berhimpun dalam mewujudkan gerakan ekonomi rakyat bernafaskan semangat gotong royong dan kekeluargaan.

KBN Graha Medika

Pilihan KSP IKR untuk bermitra dengan KBN Graha Medika terbilang startegis dan mutualis. PT KBN Graha Medika merupakan salah satu dari tiga sub-holding atau anak usaha dari SBU yang sama di bawah kendali Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari PT KBN Persero.

Secara bisnis, PT KBN Graha Medika mengelola Rumah Sakit Umum (RSU) Pekerja. Adapun dua anak usaha lainnya adalah PT Marunda Bandar Indonesia dan PT Prima Logistik.

(Edi Supriadi/foto : istimewa)

Keterangan foto : kiri Yosi Afianto CEO KSP IKR, tengah Achmad Mawardi Pgs Direktur PT KBN Graha Medika, kanan Novi Lesmana Gandhi Busines Development KSP IKR.

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar