Pembekalan Satgas Pengawas Koperasi DKI Jakarta, Ikhtiar Perbaiki Performa Koperasi

Pendampingan dan Pengawasan koperasi dibutuhkan untuk mendukung tahapan koperasi menuju kemandirian dan profesioanlitas. Hanya koperasi-koperasi yang sehat, mandiri, dan profesional, yang mampu membawa kesejahteraan bagi anggota dan menumbuhkan kepercayaan bagi publik luas.

Misi di atas coba diimplementasikan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta melalui kegiatan pembekalan Petugas Satgas Pengawas Koperasi Tahun 2022, di Jakarta, Selasa (28/6) lalu.    

Data statistik memang bukan cerminan utuh koperasi Indonesia. Hanya saja, fakta bahwa ada lebih dari 200 ribu koperasi dengan 70% diantaranya bermasalah, tentu bukan indikasi yang bisa dikesampingkan begitu saja oleh regulator dan seluruh entitas gerakan koperasi. Ditambah lagi dengan masih maraknya kasus-kasus koperasi gagal yang kian intens diekspose media dalam lima tahun terakhir.

Disamping faktor internal koperasi, lemahnya pengaturan dan pengawasan masih dianggap sebagai titik krusial yang belum tuntas diatasi. Alhasil, pembekalan oleh Dinas-Dinas Koperasi, seperti yang dilakukan di Provinsi DKI Jakarta, adalah salah satu tindakan yang tepat.       

Dipaparkan Dr.Ir. Endro Praponco, SE, MM salah satu narasumber, tujuan pengawasan koperasi adalah untuk mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh, dan berdaya saing. "Meniscayakan koperasi dikelola secara transparan, dan akuntabel oleh pengawas yang memiliki integritas tinggi, kredibel, inovatif dan bertanggung jawab,"papar Endro Praponco mengutip makalahnya yang diterima WartaKoperasi.

img-1656643466.jpg

Mengacu pengalaman panjang Endro Praponco yang bergiat di Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK), pengawasan oleh lembaga independen dan kredibel terbukti mampu membantu meningkatkan performa koperasi dalam berbagai aspek.

img-1656643503.jpg

Adapun LSP KJK yang saat ini dipimpin Drs. Setyo Heriyanto,MM yang pernah menjabat Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM itu sendiri, merupakan lembaga profesional dengan pengalaman mumpuni dalam berbagai pelatihan kepengawasan koperasi di tanah air. (Prio)   

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar