Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) - Koperasi Bermasa Depan

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar meet the wold seminar “New Model Of Cooperative In Indonesia” di kampus Jalan Wates Sedayu Bantul, DIY pada Kamis (8/8/2019) seperti dilansir koran bernas.

Seminar dihadiri mahasiswa, dosen serta pegiat koperasi di Yogyakarta. Narasumber seminar antara lain Ivjyot Sigh Chawla dan Simren Singh dari India serta Firdaus Putra HC dari komite Indonesian Consortium of Cooperative Innovation (ICCI).

Dalam uraiannya Firdaus mengungkapkan inovasi sangat penting dalam mengelola koperasi di era digital dengan infrastruktur teknologi informasi yang masif. Menurut dia jika koperasi tidak mengikuti perkembangan maka akan akan terlibas. Ia juga meminta koperasi mengantisipasi revolusi industri 4.0.  Pasalnya, revolusi industri 4.0 menyebabkan disrupsi berbagai bidang kehidupan termasuk shifting di dunia ekonomi atau bisnis.

“Yang digarap saat ini koperasi masih pada tataran kebutuhan primer. Padahal seiring zaman, sekunder dan tersier juga sangat penting digarap karena memiliki pertumbuhan pesat,” ujarnya.

Dikatakan Fordaus koperasi harus bisa melihat peluang. "Tidak cukup hanya simpan pinjam dan berjualan kebutuhan pokok, namun merambah hal lain semisal barbershop dan tuntutan gaya hidup lain. Ini jarang tergarap." 

Padahal, kata dia, koperasi bisa melakukan inovasi program dan pemberdayaan sumber daya manusia, dan modal. Menurut dia , pihaknya membuat web khusus koperasi dan bekerjasama dengan pihak lain, serta akan membuat koperasi komunitas. “

Narasumber dari International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pasifik, Ivjyot Singh dan Simren Singh, menguraikan koperasi model masa depan adalah koperasi yang bertumpu pada kewirausahaan generasi muda dalam skala global.

Ditambahkan mereka ICA Asia Pasifik mendorong campus cooperative yakni pihak kampus berkolaborasi dengan pemuda, koperasi, dan pihak lain melalui riset tematik.  Menanggapi penjelasan tersebut, Kepala LPPM UMBY Awan Santosa, mengungkapkan UMBY telah berkolaborasi dengan Mubyarto Institute untuk mendirikan koperasi model baru.

Bentuknya melalui perintisan koperasi beranggotakan dosen, peneliti, aktivis dan mahasiswa bersama buruh informal paperbag “Trini Karya” di Dusun Trini serta bersama para pedagang pasar tradisonal di beberapa pasar di Sleman, Klaten maupun Purworejo. (Susan/foto istimewa)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar