Malang : Hanya 28,59 Persen Koperasi yang Aktif

Saat ini jumlah koperasi di Malang sebanyak 759 unit. Sayangnya, dari jumlah tersebut, hanya 217 koperasi yang menjalankan RAT. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang I Woja Kullu.

“Jumlah itu koperasi yang masih aktif, tapi mulai Juni ini perlahan bertambah 142 koperasi lagi yang RAT,”  I Woja Kullu usai  Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada  (6/6/2022).

Dikatakan Woja, jika 142 koperasi tersebut merealisasikan rencananya menyelenggarakan RAT pada Juni, maka jumlah koperasi aktif bertambah menjadi 359 unit.

Karena, salah satu syarat koperasi disebut aktif jika menggelar rapat anggota tahunan (RA). Sisanya sekitar 400 koperasi tidak menggelar RAT. Setidaknya hingga pertengahan Juni 2022.

Untuk 400 koperasi yang tidak aktif, Diskopindag bakal mencoba menghidupkan kembali koperasi tersebut. Caranya dengan melakukan pendampingan ke 400 koperasi tersebut. 

“Nanti kami lihat laporan keuangannya dulu. Ke depan mengupayakan sertifikasi pengurus agar bisa menata koperasi lebih profesional,”  papar Woja seperti dilansir radarmalang.jawapos.com

(Susan/ilustrasi : Susan)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar