Lima Aplikasi Keuangan Bisnis

Aplikasi keuangan adalah short cut yang memangkas waktu dan menyederhanakan kegiatan pembukuan. Pilihlah sesuai kebutuhan bisnis. 

Salah satu kegiatan penting dalam bisnis adalah mengelola keuangan. Tanpa pengelolaan uang yang baik, sustainable bisnis bisa terancam.

Pasalnya, ada godaan besar bagi pelaku usaha menggunakan uang yang seharusnya untuk modal bisnis, dipakai untuk kepentingan pribadi. 

Atau, tanpa pengelolaan uang yang baik, pelaku usaha tidak bisa mengkalkulasi pemasukan dan pengeluaran, keuntungan dan biaya, serta hutang, piutang, dan aset. 

Hal lain yang urgen, tanpa ada pembukuan yang baik, maka pelaku usaha akan kesulitan dalam menyusun strategi bisnis ke depan.

Manajemen keuangan yang baik bisa terwujud jika pelaku usaha baik level mikro, kecil, menengah, secara rutin melakukan pencatatan keuangan, membuat pembukuan.

Untunglah saat ini sudah banyak berseliweran aplikasi yang memudahkan pelaku usaha dalam mencatat keuangan bisnis. Tinggal pilih aplikasi mana yang dibutuhkan untuk bisnis.

1. Zahir Accounting

Nama Zahir Accounting menjadi salah satu software akuntansi yang sangat dikenal di kalangan pelaku usaha, termasuk di koperasi.

Software akuntansi ini ada sejak 1996. Fitur yang ada Zahir memudahkan pelaku usaha  mencatat keuangan bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat. 

Fitur-fitur yang disediakan Zahir memungkinkan koperasi atau pelaku usaha mengontrol usahanya secara realtime mulai dari sales & invoices, purchase, dan inventory.

Selain operasionalnya mudah, software ini juga menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Sehingga lebih gampang dipahami.

Sayangnya, software ini berbayar, tidak gratis. Jadi, pelaku usaha yang ingin menggunakan Zahir accounting harus membeli dulu baik langsung ke pihak Zahir atau bisa melalui marketplace seperti Tokopedia, bukalapak. Harga software di marketplace berkisar Rp 550 ribu hingga Rp 650 ribuan.

2. BukuWarung

Aplikasi BukuWarung bisa didownload di Playstore secara gratis. Menariknya, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak ruang di ponsel kita karena ukurannya kecil. Keunggulan lain, aplikasi ini tetap bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Aplikasi BukuWarung  bisa digunakan sebagai aplikasi akuntansi sekaligus untuk pembayaran. Selain untuk keuangan usaha, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk keuangan pribadi.

Fitur dalam aplikasi ini membantu pelaku usaha dalam melakukan pencatatan keuangan secara mudah, gratis dan aman. 

Melalui fitur yang ada, pelaku usaha juga bisa melakukan kegiatan pembayaran seperti transfer uang hingga PPOB.

Dengan aplikasi ini pelaku usaha lebih mudah menghitung utang piutang, mengelola stok barang, dan membuat pembukuan usaha.

3. Akuntansi Keuangan 

Aplikasi Auntansi Keuangan bisa didownload secara gratis di playstore. Fitur yang ada di Akuntansi Keuangan antara lain pencatatan keuangan, pembukuan. 

Fitur yang ada di aplikasi ini bukan hanya pengeluaran dan pemasukan. Tetapi juga laporan keuangan dan dilengkapi dengan Laporan Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas pada.

4.Teman Bisnis

Teman Bisnis lebih fokus mencatat dan mengevaluasi kinerja keuangan. Menariknua aplikasi Teman Bisnis sangat mudah digunakan, bahkan bagi yang awam.

Fitur yang ada di Teman Bisnis antara lain catatan transaksi, laporan keuangan, utang piutang dan pengelola persediaan barang.

5.Buku Kas

Sesuai dengan namanya, aplikasi BukuKas membantu pelaku usaha dalam memonitor dan mengatur arus kas.

Fitur dalam apllikasi ini membantu pelaku usaha dalam mencatat semua transaksi, membuat laporan keuangan, mencatat dan menagih hutang piutang. Selain itu, pengguna juga bisa menerima dan mengirim uang tanpa dibebani biaya admin bank.

(Dari berbagai sumber).

Kategori
Tips

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar