Bisnis di era Pandemi

Pandemi Covid-19 telah merontokkan sebagian usaha di tanah air. Tapi, ada juga bisnis yang bertahan bahkan berkembang. Apa saja?

Tidak semua usaha tumbang dihantam badai covid 19. Berikut deretan bisnis yang tetap eksis bahkan berkembang di masa sulit.

Bisnis Sembako

Bisnis sembilan bahan pokok (sembako) menjadi usaha yang bertahan di era sulit. Karena setiap orang pasti butuh bahan makanan.

Model bisnis sembako bisa disesuaikan dengan tren yang diminati konsumen. Seperti era sekarang, sebagian konsumen lebih senang berbelanja secara online. Maka usaha sembako bisa dijalankan secara daring baik berjualan di marketplace maupun di media sosial.

Bukan hanya itu, pelaku usaha sembako bisa membuat aplikasi sendiri untuk menjual dagangannya.

Jasa Antigen

Usaha jasa antigen muncul saat ada pandemi Covid-19. Kebutuhan akan tes antigen yang terus meningkat menjadi salah satu peluang usaha. Akhirnya kini banyak dijumpai jasa antigen. 

Produk Kesehatan

Pandemi Covid-19 membuat warga kian sadar dengan kesehatan. Wajar jika demand akan alat-alat kesehatan, produk-produk penunjang keseharan meningkat belakangan.

Seperti termometer, tabung oksigen, oxymeter, ventilator, masker, hand sanitizer, face shield, vitamin C, disinfektan, jamu, dll.

Agen Paket atau Ekspedisi

Meningkatnya bisnis online juga mendorong naiknya bisnis jasa pengiriman barang alias paket atau ekspedisi. Saat ini sudah banyak ekspedisi untuk layanan belanja online. 

Sebagian layanan ekspedisi ini membuka mitra keagenan. Menariknya, modal yang dibutuhkan untuk usaha agen ekspedisi ini tidak terlalu besar.

Faktor penting dalam keberhasilan usaha ini adalah lokasi usaha strategis. Pasalnya, lokasi strategis menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha agen ekspedisi.

Kursus Online

Kegiatan belajar online kian akrab saat pandemi. Pilihan belajar secara daring meluas ke kursus-kursus keterampilan yang bisa dilakukan secara jarak jauh. 

Jika punya skill atau keterampilan, bisnis kursus online ini bisa jadi pilihan tepat. Buatlah paket kursus keterampilan yang praktis diaplikasikan dan sedang dicari banyak orang.

                                              (Susan/Foto : istimewa)

Kategori
WIRAUSAHA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar