Pertashop : Potensi Cuan Bagi Koperasi

Menjadi mitra pertashop menjadi salah satu peluang bisnis bagi koperasi. Bagaimana mekanismenya?

Membuka bisnis baru menjadi alternatif koperasi yang mempunyai dana idle alias dana nganggur. Dana nganggur bisa terjadi jika prosentase antara jumlah simpanan dengan pinjaman tidak imbang yakni lebih besar simpanan.

Agar dana simpanan anggota bisa diputar dan menghasilkan uang, koperasi bisa membuka usaha baru seperti pertashop.

Karena sekarang era digital, pendaftaran untuk bermitra membuka usaha pertashop bisa dilakukan secara online seperti dimuat di laman resmi milik Pertashop  https://ptm.id/MitraPertashop.

Sebelum menyelesaikan pendaftaran online, kita harus melalui beberapa tahapan. Antara lain tahap pengajuan, verifikasi lapangan, administrasi, izin bangun, dan kontrak.

Daftar Online

Seperti diinfokan sebelumnya, untuk berbisnis petrashop bisa melakukan registrasi online.

Cara mendaftar secara online terbilang lumayan mudah. Pertama, membuka lamàn website pertashop https://ptm.id/MitraPertashop.

Setelah membuka website, tinggal  mengklik tombol “Daftar Sekarang”. Mudah kan. Selama proses daftar online, ada tahapan yang harus diselesaikan oleh calon mitra. 

Selain menyelesaikan beberapa tahapan, calon mitra juga harus memenuhi kriteria sebagai mitra pertashop.

Kriteria Mitra Pertashop

Sebelum melakukan pengajuan aplikasi untuk menjadi mitra Pertashop, terdapat beberapa kriteria yang dibutuhkan, antara lain:

1) Mempunyai legalitas usaha yang bentuknya badan usaha dan atau badan hukum berbentuk CV, Koperasi, atau PT.

2) Mengantongi kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, Akta Perusahaan. 3) Menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop. 4). Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa

Hal lain di luar kriteria mitra, ada faktor penting yang menjadi pertimbangan pihak Pertamina meloloskan calon mitra yakni lokasi. Sehingga, calon mitra harus serius mencari lokasi strategis.

Kriteria Lokasi

Saat proses mendaftar online, calon mitra Pertashop, wajib mengisi lokasi di form pendaftaran mulai dari provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Bagaimana jika lokasi yang diajukan belum terdaftar? Maka calon mitra harus mengajukan lokasi baru dengan tautan yang disediakan.

Lokasi yang disetujui oleh pihak Pertashop harus memenuhi item berikut : 1) aksesibilitas desa (akses mobil tangki , akses pengiriman modular). 2) Ketersediaan jaringan listrik. 3) Memiliki potensi omset yang baik.

Input Data Diri

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian data diri. Data diri meliputi nama perusahaan, nama pengusaha, nomor ponsel, alamat e-mail, serta melengkapi digit password yang digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran mitra Pertashop.

Submit Pendaftaran

Setelah melengkapi semua persyaratan dan mengisi semua isian di form, calon mitra perlu membaca kembali persyaratan prosedur.  Hal terakhir yang dilakukan adalah mengklik tanda centang pada kolom konfirmasi bahwa calon mitra telah menyetujui.

Skema Usaha

Ada tiga skema yang bisa dipilih calon mitra Pertashop. Tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan calon mitra. 1) Skema Gold dengan modal Rp 250 juta meliputi biaya Pertashop dan pengiriman.

2) Skema Platinum besaran modal Rp 400 juta mencakup biaya Pertashop dan instalasinya. 3) Skema Diamond dengan modal Rp 500 juta meliputi biaya Pertashop dan instalasinya.

(Susan/foto : istimewa).

Kategori
WIRAUSAHA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar