ICA Terima Dua Anggota Anyar

Organisasi gerakan koperasi dunia (ICA) menerima dua anggota teranyarnya, Maret lalu. Mereka adalah ESAF Swasraya Multi State Agro Cooperative Society Limited (ESMACO) dari India dan the Royal Norwegian Society for Development (Norges Vel) dari Norwegia. Adapun Indonesia, Induk Koperasi Usaha Rakyat (INKUR) adalah satu-satunya (Induk) koperasi anggota ICA dari Indonesia sejak empat tahun silam.

img-1683090004.jpg

ESMACO merupakan koperasi tingkat nasional dari India, yang beranggotakan para wirausahawan sosial yang sudah terdaftar sejak 2011. Tersebar di 800 lokasi di negara bagian Kerala, Tamil Nadu, Chhattisgarh, Madhya Pradesh, Maharashtra, Rajasthan, Haryana & Delhi. Saat ini, ESMACO tercatat beranggotakan lebih dari 37 juta orang dan dikelola oleh 8.657 pekerja.

img-1683090015.jpg

Tujuan utama ESMACO, adalah menyediakan layanan keuangan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan kehidupan berkelanjutan. Untuk mewujudkan hal itu, ESMACO menyediakan pelatihan keterampilan bagi pemuda dan perempuan perdesaan.

Berbasis koperasi pertanian, ESMACO memberikan perhatian khusus terhadap pertanian komunitas, budidaya organik, dll. ESMACO menyediakan pengembangan kapasitas bagi organisasi petani, mengelola fasilitas dan mengorganisir petani agar siap dalam mengakses pinjaman.  

Adapun the Royal Norwegian Society for Development (Norges Vel), merupakan oragnisasi non profit yang mempromosikan pengembangan komunitas yang memungkinkan masyarakat bekerja dan menghidupi diri mereka. Norges Vel, sejatinya merupakan organisasi tertua di Norwegia, bergiat sejak 1809. Sejak 1978 Norges Vel juga bekerja mengembangkan pembangunan industri di level internasional.

img-1683090029.jpg

Berkantor pusat di Hellerud, dan memiliki kantor cabang di Bergen dan Levenger, serta kantor luar negeri di Tanzania. Norges Vel, terutama fokus pada kalangan perempuan dan laki-laki yang hidup dari basis pertanian, sumberdaya kelautan dan energi terbarukan.

img-1683090053.jpg

Norges Vel memasyarakatkan nilai-nilai pembangunan sosial berkelanjutan, berpartisipasi dalam demokratisasi, pemerataan dan kesetaraan. (Prio/ICA-Coop)

Kategori
MANCANEGARA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar