"Perluas Wawasan dan Kompetensi Anggota, PKPRI Kalbar Gelar Diklat Perkoperasian"


Pusat Koperasi Pegawai Republik Indoensia (PKPRI) Provinsi Kalimantan Barat, dengan dukungan Induk Koperasi Pegawai RI (IKPRI) melalui program subsidi dana pendidikan anggota, menghelat Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian, di Singkawang, Senin (5/8) lalu. Diklat tersebut, merupakan bentuk tanggung jawab PKPRI Kalbar dalam mempersiapkan kompetensi dan skill SDM berbasis anggota yang mumpuni.

img-1724304727.jpg

Diklat perkoperasian yang diikuti oleh para pengurus dan pengawas Primer Koperasi Pegawai RI (KPRI) itu, ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kompetensi anggota PKPRI Kalimantan Barat. Khususnya terkait pemahaman dan tatakelola koperasi yang baik (good cooperatioves governance), pemahaman regulasi serta kewirakoperasian.  Diklat tersebut dapat terselenggara, antara lain berkat dukungan IKPRI melalui program dana subsidi pendidikan anggota, sebesar Rp 20 juta.  

img-1724304741.jpg

Diklat berlangsung di Aula Deperindagkop dan UMKM Kota Singkawang, dengan peserta meliputi koperasi-koperasi primer anggota PKPRI Kalbar, yang eksis di instansi-instansi pemerintahan setempat, lembaga pendidikan, BUMN/BUMD dan BUMS. Total jumlah peserta mencapai 38 orang yang terdiri dari kalangan Pengurus, Pengawas, Anggota hingga manager/karyawan koperasi.  

img-1724304755.jpg

Sejumlah materi berbobot dielaborasi dalam diklat interaktif khas pendidikan orang dewasa (andragogy) tersebut. Meliputi materi Prinsip Dasar Koperasi, Manajemen Usaha Koperasi, Pemasaran, hingga Kewirausahaan. Selain kajian teoretis, materi Diklat diperkaya dengan pemaparan pengalaman sukses koperasi, diantaranya adalah Koperasi Pegawai RI SINKA, Singkawang.

Sejumlah pemateri dihadirkan untuk memperkaya wawasan para peserta Diklat. Diantaranya dari Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Singkawang serta narasumber dari PKPRI Kalimantan Barat. 

Materi organisasi dan kelembagaan koperasi, serta prinsip-prinsip dasar pengelolaan organisasi koperasi disampaikan oleh H.Mustamar,SE,ME, yang juga merupakan Ketua PKPRI Provinsi Kalimantan Barat. Adapun materi Kewirausahaan Koperasi, disampaikan oleh Drs.H. Sukiman,M.Si.(Sekretaris PKPRI kalbar).

Selain memaparkan dasar-dasar kewirausahaan koperasi, Sukiman juga mengelaborasi kisah-kisah sukses pengusaha muda maupun legendaris Indonesia yang unggul secara bisnis beserta filosofinya. Termasuk pelajaran dari kalangan koperasi sukses yang dapat diteladani kiprah organisasi dan usahanya.  (Prio)

Sumber : https://wartakoperasi.net/perluas-wawasan-dan-kompetensi-anggota-pkpri-kalbar-gelar-diklat-perkoperasian-detail-454439