Wapres Usulkan BMT Bentuk Koperasi Sekunder

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin mengarahkan Koperasi BMT membentuk lembaga APEX BMT yang berfungsi sebagai koperasi sekunder BMT. Hal itu ia ungkapkan saat membuka webinar BMT Summit 2020 yang berlangsung pada Senin (16/11/2020).

"Koperasi sekunder BMT atau APEX BMT dapat berfungsi untuk membangun jejaring dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas kemampuan BMT dalam peran serta fungsinya. Sehingga ketika salah satu BMT anggotanya tidak dapat menjalankan fungsinya, misalnya karena kekurangan likuiditas, maka BMT tersebut dapat dibantu oleh BMT anggota lainnya,” terang Maruf.

Selain membahas perlunya koperasi sekunder, Kyai Maruf juga mengungkapkan 

perlunya menyusun kembali business process. Menurut dia hal itu ditujukan agar BMT dapat menyesuaikan dengan kondisi pasca pandemi Covid-19. 

Selain itu, penyusunan kembali proses bisnis, kata dia, juga dimaksudkan untuk memanfaatkan bantuan pembiayaan murah. Seperti KUR, KUR Super Mikro, pembiayaan melalui LPDB, bantuan subsidi bunga, fasilitas restrukturisasi, dan program penjaminan pinjaman.

“Untuk dapat mewujudkan BMT yang handal diperlukan peningkatan kapasitas penerapan manajemen risiko dan sistem pengawasan internal terkait usaha simpan pinjam atau pembiayaan yang dilakukan oleh masing-masing BMT. Hal ini harus menjadi bagian dari business process yang perlu dibenah,” ujar Maruf seperti dilansir Okezone.

                                              (Susan/Foto: Istimewa)

Kategori
INFO

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar