Tiga Faktor Penentu Koperasi Maju

Oleh

Dr H Wisma Endrimon

Maju mundurnya koperasi sangat dipengaruhi tiga faktor berikut.  Pertama, kesadaran anggota. Kedua, pengembangan layanan koperasi. Ketiga, rasa memiliki.

Sayangnya, tidak semua koperasi di tanah air mempunyai ketiga faktor tersebut. Sehingga, ada sebagian koperasi yang stuck, tidak berkembang, bahkan dibubarkan. 

Pertama, kesadaran anggota. Setiap anggota koperasi harus menyadari bahwa kemajuan koperasi terletak di tangan anggota. Hal ini bisa diimplementasikan dalam bentuk penanaman modal dan pemanfaatan koperasi untuk keperluan sehari-hari.

Semakin banyak modal yang diberikan oleh anggota kepada koperasi apakah dalam bentuk simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, simpanan usaha, deposito berjangka dan lain sebagainya tentu akan membuat koperasi cepat berkembang.

Kedua, pengembangan layanan koperasi. Hal ini bisa dilakukan dalam bentuk jenis-jenis jasa layanan yang diberikan koperasi kepada anggota. Seperti jasa simpan pinjam, pengadaan kebutuhan rumah tangga, pengadaan alat tulis dan kantor dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat peserta senang karena kebutuhannya bisa dilayani oleh koperasi.

Ketiga, rasa memiliki. Setiap anggota koperasi harus mempunyai rasa memiliki terhadap koperasi. Dengan adanya rasa memiliki koperasi sudah tentu koperasi bisa dijadikan sebagai solusi dalam melayani kebutuhan anggota.

Dengan adanya ketiga faktor tersebut di koperasi,  potensi koperasi ekskalasinya bisa bertumbuh, maju akan kian besar. Wallohu alam bishowab.

Penulis adalah Pembina KPRI LPMP Sumbar

Kategori
WACANA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar