Tertarik Waralaba Apotik K-24? Siapkan Dana Segini

Waralaba apotek K-24 bisa menjadi pilihan saat pandemi. Berapa cuan yang diperlukan?

Selama pandemi, apotek menjadi toko yang diburu warga. Bahkan apotek yang biasanya lengang, bisa berubah menjadi pasar karena diserbu warga yang  mencari obat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

Kesadaran akan kesehatan semasa pandemi membuat bisnis di bidang kesehatan termasuk apotek kian prospektif. Tak salah jika waralaba apotek K-24 yang beroperasi selama 24 jam kian dilirik.

Berdiri 18 Tahun Lalu

Apotek K-24  berdiri pada 24 Oktober 2002 di Yogyakarta oleh dokter Gideon. Tiga tahun kemudian yakni pada 2005 dokter Gideon memutuskan usahanya dikembangkan dengan sistem waralaba dengan membuka cabang di Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Kini jumlah gerai K-24 mencapai 550 unit dan tersebar di 122 kabupaten dan kota di Indonesia. Berita baiknya, apotek K-24 juga telah mendapatkan penghargaan sebagai apotek waralaba terbaik di Indonesia pada 2010 dan 2011.

Modal Awal

Untuk menjadi mitra waralaba apotek K-24, seperti ditulis web apotek K-24,  mitra wajib membayar investasi awal Rp 132 juta untuk enam tahun. Jumlahnya sudah naik dari ketentuan sebelumnya yang berjumlah Rp 120 juta.

Selain menyiapkan uang Rp 132 juta, mitra juga diharuskan membayar royalti fee atau biaya bulanan sebesar 1,8 persen dari omzet perbulan.

Mitra juga wajib menyiapkan lokasi untuk apotek. Sebagai ilustrasi untuk ukuran lahan 60 m2 mitra harus mengeluarkan kocek Rp 1,2 miliar.

Investasi ini digunakan untuk franchise fee, sewa bangunan 3 tahun, renovasi ruangan, stok obat awal, biaya pelatihan, modal kerja 6 bulan, investaris gerai, sistem dan software IT, eksterior, interior, mebel, papan nama gerai, biaya pelatihan awal, perizinan, dan administrasi pembukaan apotek.

"Jika target penjualan tahunan dan target margin tercapai, serta biaya operasional dapat dikendalikan, maka berdasarkan pengalaman kami bisa balik modal kurang lebih 3,5 tahun. Ada beberapa apotek yang balik modal lebih cepat karena pertumbuhan sangat baik," seperti ditulis di laman www.apotek-k24.com .

Syarat lain yang harus dipenuhi mitra yakni menyediakan delapan orang karyawan di setiap apotek. Jika kinerja apotek terus berkembang, maka jumlah karyawan bisa ditambah.

Lantas berapa lama proses yang diperlukan hingga mitra bisa membuka waralaba apotek K-24? Seperti tertulis di web apotek K-24, poses pengajuan hingga beroperasinya apotek memerlukan waktu sekitar 4 bulan.

Tahapan Waralaba

Berikut tahapan waralaba. Mitra dapat menghubungi telepon 08-1212-01-2424 atau website www.apotek-k24.com. Kemudian mengisi formulir aplikasi. 

Tahapan selanjutnya Mengikuti presentasi waralaba Apotek K-24. Diikuti dengan menandatangani MOU atau nota kesepahaman.

Kemudian menentukan lokasi gerai. Mitra menandatangani perjanjian waralaba. Dilanjutkan langkah pra operasional yang akan dipandu oleh manajemen apotek K-24.

Setelah itu mitra mengikuti pelatihan awal. Dan tahap akhir  pembukaan gerai apotek K-24.

Menariknya proses pendaftaran ini bisa dilakukan secara online mulai dari presentasi waralaba dan tahapan MoU dan perjanjian waralaba online.

Hal yang perlu diperhatikan oleh mitra agar waralaba ini sukses yakni mencari lokasi strategis. Semangat berwaralaba.

(Susan/foto : istimewa)

Kategori
WIRAUSAHA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar