Spanduk Tolak OJK Warnai Pagar Gedung Kemenkop

Beragam spanduk dengan konten menyuarakan penolakan pengawasan koperasi oleh lembaga otoritas jasa keuangan (OJK) memenuhi pagar gedung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta pada Rabu (7/12/2022).

Isi pesan spanduk antara lain "Tolak RUU PPSK, Tolak Campur Tangan OJK di Koperasi." Pesan lain yakni "Tolak OJK di Koperasi."

Spanduk lain bertuliskan "Bubarkan Pedagang Uang Berbaju Koperasi." Ada juga spanduk bertuliskan, "Koperasi dari, oleh, untuk anggota tidak butuh diawasi OJK."

Tepat di bawah tulisan Kemenkop UKM terpajang spanduk dengan pesan menohok. "Koperasi butuh dibina bukan dibinasakan."

Sebagian spanduk bahkan isinya menyuruh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk mundur. "Pak Menteri, kalau nggak sanggup urus koperasi, mundur saja."

Pajangan spanduk terlihat jelas usai peserta demo membubarkan diri dengan tertib. Sebagian peserta dijemput di depan gedung Kemenkop UKM seperti peserta aksi dari Malang, Jawa Timur. Tapi sebagian besar berjalan ke arah bus mereka yang berada di belakang gedung Kemenkop UKM.

Menariknya, peserta juga tidak meninggalkan banyak sampah. Hanya sedikit saja sampah yang terlihat di dekat tulisan Kementerian Koperasi dan UKM. Petugas kebersihan langsung sigap menyapunya saat demo berakhir.

Minimnya sampah saat demo dipengaruhi oleh himbauan orator aksi yang berkali-kali mengingatkan peserta demo tidak membuang sampah sembarangan.

Selain tidak membuang sampah sembarangan, peserta juga tertib berada di dalam area yang dibatasi dengan tali rafia sehingga tidak mengganggu pengguna lalu lintas lain.

(Susan/ foto : Susan)

Kategori
Berita Foto

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar