Urgensi Pendidikan dan Kaderisasi Koperasi

Urgensi Pendidikan dan Kaderisasi Koperasi

Anggota IKPRI dari GKPRI Kalimantan Timur Dr Ir H Irianto Lambrie, MM  mengungkapkan perlunya kolaborasi IKPRI dengan lembaga pendidikan untuk kaderisasi koperasi.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat anggota IKPRI yang berlangsung di Hotel Alia, Jakarta Pusat pada Selasa (22/11/2022). "IKPRI perlu membuat kerjasama secara konkrit dengan lembaga pendidikan seperti IKOPIN yang ada di Bandung, Jawa Barat."

Ketua GKPRI Kaltim itu menambahkan, "Kader-kader koperasi di daerah bisa disekolahkan. Agar pejabat yang menangani koperasi punya background pendidikan koperasi. Tidak seperti sekarang. Akhirnya jadi masalah, karena ga nyambung antara jabatan dan latar belakangnya." 

Menurut Gubernur Kalimantan Utara periode 2016-2021 tersebut, pendidikan jangka panjang yang terukur dengan cara berkelanjutan, sangat urgen dilakukan. Bahkan, pendidikan tersebut perlu dilakukan secara internal. 

"Kita di Kalimantan Timur gencar melakukan diklat dengan cara professional. Ini untuk internal kita penting, apalagi ada dana pendidikan. Karena itu saya mengusulkan pengurus pusat membuat surat untuk menggunakan dana pendidikan."

Pelaksana tugas Gubernur Kalimantan Utara pada 2013 hingga 2015 itu memaparkan langkah strategis pengiriman surat penggunaan dana pendidikan cukup menstimulasi KPRI di daerah. 

(Susan/foto : Susan)

Sumber : http://wartakoperasi.net/urgensi-pendidikan-dan-kaderisasi-koperasi-detail-445500