Satu-satunya yang Wajibkan Mata Kuliah Koperasi, UI Ditantang Besarkan Koperasi

Satu-satunya yang Wajibkan Mata Kuliah Koperasi, UI Ditantang Besarkan Koperasi

Universitas Indonesia menjadi satu-satunya kampus yang mewajibkan mahasiswanya menempuh mata kuliah perkoperasian. Diapresiasi banyak pihak dan ditantang terjun besarkan koperasi.

Dr. Nining Susilo, pegiat dan salah satu pengampu perkuliahaan perkoperasian di Universitas Indonesia, mengakui jika belum lama ini kampusnya menghelat Perkoperasian sebagai salah satu mata kuliah wajib di kampusnya. 

Dipaparkan Emmy Nurmayanti, Koordinator Pengajaran Perkoperasian di UI, inisiasi ini merupakan hasil diskusi dengan sejumlah dosen dan pegiat perkoperasian. "Tidak ada buku pegangan khusus terkait perkuliahan perkoperasian. Mata Kuliah koperasi berbobot 2 SKS dengan materi yang disarikan dari berbagai sumber. Mata Kuliah Koperasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis diberikan kepada mahasiswa tahun pertama. Level materinya masih bersifat pengantar. Tujuannya agar mahasiswa tertarik mempelajari koperasi," papar Emmy, mengutip grup Pusat Studi Koperasi UI, yang juga diikuti Warta Koperasi.

Langkah UI diapresiasi oleh banyak pihak sebagai salah satu ikhtiar positif mendukung literasi perkoperasian. " Saya salut, di UI yang dikenal melahirkan banyak ekonom kapitalis justru diajarkan mata kuliah wajib perkoperasian. Di kampus saya, Universitas Jendral Soedirman (Unsoed), malah tidak diajarkan," papar aktivis koperasi Suroto.

"Saya mengapreasiasi setinggi-tingginya kepada FEB UI yang ternyata menjadi satu-satunya Fakultas Ekonomi di Indonesia yang mewajibkan mahasiswanya belajar tentang koperasi," papar Menteri Koperasi Teten Masduki dalam pers rilis yang diterima Warta Koperasi, Jumat (16/9) lalu.

Teten, yang hadir saat memberi mata kuliah umum tentang perkoperasi di UI, menantang mahasiswa agar turut membesarkan koperasi di Indonesia yang kinerjanya belum optimal. (Priono/Foto : Dewi Meisari, Nining S)

Sumber : http://wartakoperasi.net/satu-satunya-yang-wajibkan-mata-kuliah-koperasi-ui-ditantang-besarkan-koperasi-detail-444308