Mayoritas Kopma di Indonesia Belum Aktif?

Mayoritas Kopma di Indonesia Belum Aktif?

Jumlah koperasi mahasiswa (kopma) saat ini sebanyak 247 unit. Sayangnya baru 73 kopma atau 29,5% yang terbilang aktif. Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki saat webinar bertajuk “Melahirkan Wirausaha Muda dan Koperasi Unggul Berbasis Kampus" pada  Sabtu (4/9/2021) seperti dilansir beritasatu.com.

Indikator 73 kopma dinyatakan aktif, kata Teten, menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT). Sebaliknya, kopma yang tidak menggelar RAT dinilai belum aktif.

Dengan masih banyaknya kopma yang belum aktif, kata Menteri, tentu menjadi tantangan sekaligus pekerjaan rumah bersama yang harus diselesaikan. 

Ditegaskan Teten, kampus harus menjadikan koperasi sebagai lembaga utama ekonomi rakyat. Sehingga koperasi mempunyai posisi tawar yang kuat.

“Inilah pekerjaan kita bersama dan menjadi prioritas kami melalui empat program transformasi besar, yaitu transformasi dari informal ke formal, transformasi ke digital dan pemanfaatan teknologi, transformasi ke dalam rantai nilai global, dan memodernisasi koperasi,” terang Teten

(Susan/Ilustrasi : Susan)

Sumber : http://wartakoperasi.net/mayoritas-kopma-di-indonesia-belum-aktif-detail-438986