Layak Berkembang

Layak Berkembang


Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengunjungi KPSBU (Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara) di Lembang, Bandung pada Selasa (24/12/2019). Dalam uraiannya Teten menegaskan  keberadaan KPSBU sebagai koperasi yang bergerak di sektor riil layak dikembangkan.

“Saya sudah diskusi dengan Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), dan sudah memetakan problem-problem untuk membangkitkan kembali koperasi susu di Indonesia,” terang Teten seperti dilansir realitarakyat.com.

Teten kemudian mengelaborasi masalah yang ada. Menurut dia masalah koperasi susu antara lain kebutuhan  peremajaan indukan sapi yang berkualitas, agar produktivitas peternak yang merupakan anggota koperasi meningkat. Masalah lain yakni kebutuhan lahan untuk pakan ternak serta pembiayaan.

“Saya akan berkoordinasi dengan beberapa kementerian, terutama untuk mengakses lahan milik PTPN sebagai lahan pakan ternak. Juga koordinasi dengan kementerian lain menyangkut impor indukan, dan sebagainya.” 

Dikatakan Teten, terkait masalah yang dihadapi koperasi susu, Kemenkop UKM akan bekerjasama dengan Kementan dalam emproduksi susu. Kemenkop juga bekerjasama dengan Kemenkes untuk program minum susu gratis secara berkala bagi anak-anak sekolah. Selain itu, Kemenkop UKM juga akan bekerjasama dengan Kementerian BUMN dalam memanfaatkan lahan-lahan nganggur. Sementara untuk pembiayaan, Kemenkop UKM gandeng LPDB KUMKM dan sudah ada KUR.

"Kita sudah ada itu, dan saya pikir sudah tidak menjadi masalah lagi (pembiayaan-red),” terang Teten.

(Susan/Foto : Istimewa)


Sumber : http://wartakoperasi.net/layak-berkembang-detail-421271