Koperasi Sebagai Jalan Menuju Surga

Koperasi Sebagai Jalan Menuju Surga

Aloewi berprinsip bekerja di koperasi sebagai jalan menuju surga. Jujur dan tidak sombong menjadi falsafah hidupnya.

Drs H Aloewi saat ini tercatat sebagai salah satu pengurus Induk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (IKPRI) yang paling senior.  Aloewi dikenal memiliki wisdom alias kebijaksanaan yang tidak perlu diragukan lagi.

Di usianya yang ke 83 tahun, Pak Aloewi masih sehat dan bisa beraktivitas jarak jauh seperti beberapa kali menghadiri rapat anggota dan rapat pengurus IKPRI di Jakarta seorang diri.

Mengulik perjalanan karirnya di koperasi, ada prinsip penting yang dipegang erat Aloewi yang saat ini masih tercatat sebagai Ketua Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia  (GKPRI) ketika menjadi pengurus koperasi. 

"Jangan merasa besar, sombong dari yang lain, sebisa mungkin memperbanyak kawan," ujar Aloewi sesaat sebelum rapat anggota IKPRI digelar pada Selasa (22/11/2022).

Prinsip andap asor tersebut ia terapkan kepada semua orang. Bahkan kepada karyawan koperasi level terendah. Hal itu tervalidasi dari beberapa respon karyawan.

"Pak Aloewi baik banget. Menghormati pegawai kecil seperti saya," terang salah seorang karyawan IKPRI tanpa mau disebutkan namanya dalam penulisan ini.

Prinsip Jujur dalam Bekerja

Pak Aloewi sejatinya  lulusan administrasi pendidikan di IKIP Malang, Jawa Timur. Namun, ia merasa tidak mempunyai panggilan mengajar. Padahal, saat itu Aloewi ditarik menjadi dosen. Aloewi memilih tidak mengajar.

Sebelum aktif berkoperasi selama 59 tahun, Aloewi sempat bermimpi yang kemudian menjadi jalan hidupnya berkarya di koperasi. 

"Saya dulu sebelum di koperasi itu pernah bermimpi setelah saya sholat. Saya naik sepeda. Setelah berada di jembatan, tiba-tiba jembatannya menutup. Sepeda saya tidak bisa maju. Saya kemudian memutar sepeda saya, tetapi ada panah yang harus saya lalui."

Aloewi kemudian mantap berkarir di KPRI Pergu Singosari, Malang. Hingga saat ini, kata Aloewi, primer koperasi pegawai tersebut mempunyai banyak usaha salah satunya rest area.

Menurut Aloewi, bekerja di koperasi menjadi salah satu jalan untuk masuk ke surga. "Allah memberikan rejeki di koperasi. Dalam bekerja harus jujur."

Prinsip bekerja jujur membuat Aloewi sehat secara fisik di usia senja. Hal itu membuktikan ada relevansi antara jujur dengan kesehatan seperti riset yang dimuat dalam American Psychological Association (APA). 

Artinya semakin sedikit seseorang berbohong, maka akan merasa lapang, bahagia, dan sehat secara fisik. 

"Sesungguhnya jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga,” (H.R. Bukhari).

(Susan/foto : Susan)

Sumber : http://wartakoperasi.net/koperasi-sebagai-jalan-menuju-surga-detail-445461