Kemenkop UKM Optimistis Koperasi Bisa Produksi Minyak Goreng

Kemenkop UKM Optimistis Koperasi Bisa Produksi Minyak Goreng

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam siaran pers pada Selasa (17/5/2022) mengungkapkan Kemenkop UKM terus mengidentifikasi koperasi-koperasi yang memungkinkan memproduksi minyak goreng.

Langkah yang diambil Kemenkop UKM diharapkan bisa memberikan alternatif pasokan minyak goreng sawit di kalangan masyarakat.

“Kita sudah dan sedang terus identifikasi beberapa koperasi untuk produksi minyak goreng, nah standarnya yang harus dikecualikan ya,” papar Teten Masduki.

Terkait rencana tersebut, kata Teten, diperlukan waktu lama mendorong koperasi bisa memproduksi minyak goreng dengan kuota cukup besar.

Kendati perlu waktu yang lama, Teten optimistis koperasi bisa memproduksi minyak goreng dalam kisaran tahun ini.

“Memang butuh waktu, mudah-mudahan tahun ini bisa. Di Sumatera akan ada piloting,” ujar Menteri Teten seperti dilansir kompas.com.

Dikatakan Menteri minyak goreng yang diproduksi rakyat sangat sehat bahkan bisa dipakai untuk program stunting atau gizi buruk.

“Sekarang ini kan banyak kasus minyak gorengnya itu putih kan kayak di-bleaching. Saya sedang mengusulkan minyak sawit diproduksi koperasi dan petani standarnya dibedakan, tidak harus putih, kuning, merah juga lebih sehat,” papar Teten. 

Teten berharap dengan terjunnya koperasi memproduksi minyak goreng, maka usaha di bidang minyak goreng tidak hanya dikuasai pelaku bisnis kakap.

(Susan/foto : istimewa).

Sumber : http://wartakoperasi.net/kemenkop-ukm-optimistis-koperasi-bisa-produksi-minyak-goreng-detail-442580