Disdagperinkop UKM Buleleng Bangun PLUT

Disdagperinkop UKM Buleleng Bangun PLUT

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkop UKM) Kabupaten Buleleng  membangun Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Kepala Disdagperinkop UKM Buleleng Dewa Made Sudiarta mengungkapkan bahwa pembangunan PLUT dilaksanakan tahun ini melalui dana alokasi khusus (DAK) dari pusat.

Hal itu Dewa Made paparkan dalam dialog interaktif di salah satu stasiun radio di Buleleng pada Senin, (10/1) seperti dilansir laman disperindagkopukm kabupaten Buleleng.

“Nantinya PLUT ini akan menjadi rumah besar bagi UMKM dan koperasi di Buleleng. Tujuannya adalah untuk menjadikan UMKM naik kelas dan koperasi yang berkualitas,” ujarnya.

Dewa Made menambahkan saat ini pihaknya juga  menyiapkan tim pendamping ahli bagi UMKM dan koperasi. Tim ahli tersebut nantinya akan mengasistensi mulai dari  pembinaan, pengembangan produk hingga sampai ke pemasaran. 

“Pelatihan kami lakukan pada pelaku UKM dan IKM di Buleleng. Khusus produk komoditi unggulan juga kami tampilkan di PLUT sebagai upaya memotivasi pelaku UMKM lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Dewa Sudiarta pihaknya pada tahun ini juga akan mengembangkan sentra-sentra UKM yang telah terbentuk di Buleleng yakni sebanyak enam sentra UKM.

“Kami akan tetap melakukan pendampingan kepada enam sentra ini secara menyeluruh. Bagi yang belum terbentuk, nantinya juga akan kami dorong agar membentuk sentra UKM. Hal ini penting agar produk pelaku UMKM menjadi terpadu,” terangnya.

(Susan/foto : istimewa)

Sumber : http://wartakoperasi.net/disdagperinkop-ukm-buleleng-bangun-plut-detail-440483