PKPRI Sumbar Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Performa PKPRI Sumatera Barat di tengah pandemi terbilang gemilang dengan kenaikan aset, ekuitas, dan pinjaman.

Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia  (PKP RI) Sumatera Barat (Sumbar) menghelat rapat anggota tahunan (RAT) di Hotel Truntum Padang pada Sabtu hingga Minggu (28/5/2022-29/5/2022).

Pembukaan RAT berlangsung pada Sabtu malam (28/5/2022). Ketua PKPRI Hadi Suryadi menyatakan seluruh peserta RAT tahun ini menginap di hotel.

"Tahun lalu, peserta dari Padang bertanya, mereka kok tidak menginap di hotel, sedang peserta luar Padang menginap, RAT kali ini, semua peserta menginap di hotel," terang Hadi.

Dalam pembukaan rapat anggota tersebut, Hadi memaparkan sejumlah capaian PKPRI Sumbar selama 2021. 

"Anggota hingga 31 Desember 2021 mencapai 524 KPRI dan jumlah anggota perseorangan mencapai 84.557 orang."

Perkembangan aset sekunder koperasi ini terbilang bagus. "Aset pada 2021 Rp 59.13 miliar naik ketimbang tahun sebelumnya."

Pertumbuhan juga terjadi pada pinjaman dan ekuitas. "Jumlah pinjaman pada 2021 naik. Ekuitas pada 2021 naik menjadi Rp 49,59 miliar," tutur Hadi

Selain memaparkan perkembangan PKPRI Sumbar selama 2021, Hadi juga mengungkapkan kendala yang dihadapi PKPRI Sumbar terkait kesempatan berbisnis migas dan perlu support dari gubernur.

Kendala lain yakni pembayaran non tunai pada ASN guru-guru yang berakibat pads terlambatnya pembayaran cicilan anggota.

Sebagai Ketua PKPRI, Hadi memohon gubernur  membuat surat edaran pada tiap kepala  daerah untuk memberikan pembinaan terkait penyelesaian kredit macet di KP-RI lingkup.

Selain itu, Hadi juga berharap gubernur membuat surat dukungan pengembangan usaha KPRI. Juga untuk ASN agarmemenuhi kewajibannya pada KPRI yang bersangkutan.

RAT dihadiri Gubernur Sumbar diwakili Kadiskop dan UKM Nazwir, dan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim seperti dilansir analisakini.id

Kegiatan rapat anggota kemudian diisi dengan penyerahan penghargaan kepada lima koperasi berprestasi, enam koperasi terdisiplin, dan satu koperasi berkontribusi aktif.

(Susan/foto : istimewa)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar