Peringati 75 Tahun Gerakan Koperasi, IKPRI Ziarah ke Makam Bung Hatta

Induk Koperasi Pegawai RI (IKPRI) menghadiri ritual ziarah ke makam Bapak Proklamator RI yang sekaligus Bapak Koperasi Indonesia Muhammad Hatta, di TPU Tanah Kusir, Jakarta, 12 Juli 2022.

img-1657591262.jpg

Acara itu merupakan salah satu sesi rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), yang puncaknya jatuh pada 12 Juli, dihelat oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

img-1657591308.jpg

Dalam kesempatan itu, Prof.Dr. Jimly Ashhidiqie memimpin upacara, didampingi Ketua Dekopinwil DKI Jakarta Ferry Juliantono. Hadir juga sejumlah tokoh dan representasi gerakan koperasi dalam acara ziarah yang tetap mengedepankan prokes itu.

img-1657591339.jpg

Ditemui Warta Koperasi di kompleks makam Bung Hatta usai tabur bunga, Jimly Ashidiqie menyampaikan harapan besar agar gerakan koperasi tetap solid. "Tantangan eksternal dan internal kita sekarang kan banyak sekali, ya.. Koperasi harus solid agar bisa secara kolektif menghadapinya, tidak tercerai berai. Lalu menaikkan daya tawar ekonomi dan sosial. Itu agar kita tak tergilas entitas bisnis selainnya," papar Jimly.

img-1657591377.jpg

Adapun mewakili IKPRI, hadir Sekretaris IKPRI Zaenal Arifin, A.Pi, M.Si dan bendahara IKPRI Syahnaz Rasyid, SE,MM. Turut menghadiri acara, manager IKPRI Aris Munandar dan sejumlah staf.

Upacara mengenang sejarah pendirian koperasi dan peran besar Bung Hatta dalam merintis gerakan koperasi Indonesia dan mendorongnya sebagai entitas ekonomi fundamental seperti termaktub dalam konstitusi, Pasal 33 UUD 1945. Acara diakhiri dengan tabur bunga ke makam Bung Hatta, oleh segenap perwakilan gerakan koperasi yang hadir.

img-1657591435.jpg

Setiap tahun, yang puncaknya jatuh pada 12 Juli, entitas gerakan koperasi Indonesia merayakan hari jadinya. Tahun ini, gerakan koperasi Indonesia memasuki usia 75 tahun.

Usia matang gerakan koperasi, yang meniscayakan soliditas gerakan, kedewasaan, solutif dan inovatif mengatasi problem-problem dan tantangan perkoperasian di tanahair. "Di luar soal ritual (Harkopnas) akan lebih baik jika koperasi fokus pada pengembangan produk. Koperasi dinilai juga dari produk yang dihasilkan sebagai solusi ekonomi anggota dan masyarakat," papar Sekretaris IKPRI Zainal Arifin. (Prio).

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar