Performa Menjanjikan Koperasi Jasa LKMS Kasuwari

Berdiri di masa puncak Pandemi, Koperasi Jasa LKMS Kasuwari bukan hanya kian eksis, bahkan mampu membukukan laba di usia yang belum genap separuh dasawarsa.

Sejak didirikan pada Agustus 2020, Koperasi LKMS Kasuwari yang menjadi Pilot bagi Indonesia Microfinance Expert Association (IMFEA) ini, terus menunjukkan performa yang menjanjikan.

Koperasi LKMS Kasuwari, terus tumbuh berkat dukungan penuh tak kurang dari seribu warga yang memercayakan dananya untuk disimpan di koperasi yang berbasis di Pekalongan itu. Tak mengherankan jika asset nya pun terkerek naik hingga 100 persen.

Dalam Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2022 di Pekalongan, Sabtu (28/1) lalu, Pengurus  memaparkan capaian Koperasi LKMS Kasuwari dalam satu tahun terakhir.

"Dalam dua tahun terakhir Koperasi ini telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang bagus. Jumlah aset per 31 Desember 2022 mencapai lebih dari Rp 1 Milliar," papar Tri Agus Setiawan, Ketua Koperasi Jasa LKMS Kasuwari Pekalongan.

Ditambahkan, Koperasi Jasa LKMS Kasuwari, disamping terus fokus pada usaha penghimpunan dana masyarakat dalam bentuk simpanan atau tabungan serta penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan, juga akan terus mengembangkan usaha dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Kerjasama itu merupakan salah satu ikhtiar Kasuwari untuk memberikan manfaat bersama, baik bagi anggota dan terlebih masyarakat luas.

Dalam RAT bertema "Meningkatkan Inklusi Melalui Kolaborasi" itu, selain dihadiri Anggota, Pengurus, Pengawas dan Pengelola, turut hadir   Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekalongan, Pimpinan OJK Regional Tegal, Lurah, RW dan RT setempat. Tokoh-tokoh masyarakat yang diundang, tampak antusias membersamai helatan RAT itu.

Kasuwari sadar penuh pentingnya dukungan masyarakat. Unsur "trust" yang tumbuh berkat kinerja baik dan profesionalitas Pengurus dalam mengelola Kasuwari, dibuktikan dengan dukungan luar biasa warga masyarakat pada koperasi yang masih belia ini.

"Respon dan antusiasme masyarakat terhadap Lembaga ini sangat tinggi. Terlihat dari jumlah nasabah nya yang sampai saat ini tercatat lebih dari 1000 orang," imbuh Tri.

Kinerja Seratus Persen dan Proyeksi Kedepan

Kinerja Koperasi LKMS Kasuwari, juga mendapat penilaian positif dari tim Pengawas. Ketua Pengawas Koperasi LKMS Kasuwari yang juga Ketua Umum IMFEA  Dr. Ahmad Subagyo dalam tanggapannya atas laporan pengurus mengemukakan,  terdapat dua poin penting terkait capaian kinerja Pengurus dan Pengelola LKMS Kasuwari.

Pertama,  pencapaian Kinerja keuangan di atas 100% dari rencana anggaran dan belanja tahun 2022. Kedua, terkait pencapaian kinerja kepatuhan kelembagaan dan tatakelola. Hingga akhir 2022 tidak ada selembar pun surat teguran dan peringatan dari OJK yang mampir ke meja pengurus Koperasi LKMS Kasuwari.

Hal itu mengindikasikan bahwa koordinasi kerja pengawas-pengurus dan pengelola berjalan efektif sesuai ketentuan dan peraturan OJK.

Progres kedepan, LKMS Kasuwari dalam Rencana kerja 2023 memutuskan untuk mengambil posisi progresif. Baik rencana keuangan maupun rencana kelembagaan.
Pengembangan fisik dan infrastruktur LKMS kedepan adalah salah satunya. Koperasi Jasa LKMS Kasuwari Pekalongan akan segera menempati gedung baru dua lantai yang berlokasi di Jalan Untung Suropati, tidak jauh dari kantor yang lama, yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen.(*)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar