LSP KJK Helat Uji Kompetensi bagi Pengurus KSP

Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP KJK) kembali menghelat uji kompetensi, di Tangerang, 24 - 25 Agustus lalu. 

img-1661485522.jpg

Uji Kompetensi yang dilaksanakan di aula Dinas Perindagkop UKM Kota Tangerang, kali ini diikuti 35 orang pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Dr. Endro Praponco, salah satu asesor LSP KJK kepada Warta Koperasi mengemukakan, ada sejumlah materi yang diujikan dalam uji kompetensi bagi para pengurus KSP. Meliputi : 

1. Organisasi dan Manajemen KSP/USP Koperasi

2. Orientasi Perkoperasian bagi Calon Anggota

3. Kerjasama Bidang Usaha antar Koperasi dan Pihak Lain

4.Menyusun Rencana Strategis

5. Mengevaluasi Rencana Program Kerja (RPK) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Koperasi (RAPBK)

6. Pengendalian Intern

7. Mengelola Simpanan Berjangka dan Tabungan Koperasi

8. Memasarkan Produk Pinjaman

9. Mengelola Modal Penyertaan dan Dana Sumber Lain

10. Mengelola Modal Sendiri

LSP KJK yang eksis sejak 2008 itu, selama ini memang dikenal sebagai lembaga yang concern dalam membangun ekosistem koperasi jasa keuangan yang berkualitas melalui 27 Skema Sertifikasi.

LSP KJK, yang saat ini dikepalai oleh Drs. Setyo Heriyanto, MM (direktur), dikenal memiliki catatan panjang dalam menerbitkan sertifikasi kompetensi bagi lebih dari duapuluh ribu personel pengelola koperasi. Penerbitan sertifikasi tidak dilakukan secara instan, melainkan melalui serangkaian uji kompetensi berjenjang, terstruktur dan terukur.

img-1661485477.jpg

Hanya koperasi dengan reputasi unggul, sehat, dan profesional, yang akan survive dalam kompetisi bisnis jasa keuangan yang kian ketat di era digital. Seperti diketahui, sektor bisnis keuangan yang dikelola koperasi, termasuk salah satu sektor yang paling terdampak dengan trend digitalisasi bisnis. (Pr)

 

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar