KPRI “Rukun” Kendal Tempati Kantor Baru dan Rintis Minimarket

Koperasi Pegawai RI (KPRI) Rukun, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumát (21/1), resmi menempati kantor baru di kawasan Langenharjo, Kendal. Bangunan modern yang lebih representatif dibandingkan dengan kantor lama di kawasan Jalan Pasar, Sukorejo, Kabupaten Kendal.   

img-1643001098.jpg

Seperti diketahui, KPRI Rukun merupakan satu dari 82 primer Koperasi Pegawai RI (KPRI) yang tersebar di 20 kecamatan. Eksis di dinas serta lembaga-lembaga pemerintah di Kendal dengan anggota perorangan mencapai 9000 orang, dari kalangan PNS hingga pensiunan.

KPRI Rukun, juga tergabung dalam koperasi sekundernya di level Kabupaten, yaitu Pusat Koperasi Pegawai RI (PKPRI) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ikhtiar kolektif mereka, sukses mencatatkan asset mencapai Rp 384 miliar.

Ketua PKPRI Kabupaten Kendal yang juga ketua Gabungan Koperasi Pegawai RI Provinsi Jawa Tengah Bambang Suhardijo mengemukakan, inovasi usaha merupakan sebuah keniscayaan agar KPRI terus berkembang.

Adapun sektor ritel, diperkirakan masih akan jadi bisnis primadona hingga satu dekade kedepan, apapun format selling mode nya. Peluang ini, demikian Bambang, juga akan dieksekusi oleh KPRI Rukun (Rukun Mart) sebagai unit bisnis teranyarnya kedepan, seiring sukses KPRI Rukun membangun kantor baru.

Inovasi bisnis akan terus kami lakukan untuk mengembangkan KPRI di Kendal. Capaian di tahun 2021 menjadi acuan di tahun 2022 ini. Hasil evaluasi dan perencanaan yang matang akan kita eksekusi secara terprogram," papar Bambang.

img-1643001136.jpg

"Pemikiran-pemikiran yang produktif dan inovatif sangat dibutuhkan agar koperasi yang kita jalankan bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi para anggota. Semoga, dengan berdirinya kantor KPRI Rukun, Kendal, ini membawa manfaat bagi masyarakat Kendal, khususnya bagi anggota KPRI Rukun Kendal," harap Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPRI Rukun, Kendal, Bambang Surono, mengemukakan, pihaknya akan terus mengembangkan diri di berbagai sektor usaha untuk memenuhi kebutuhan anggota dan menangkap peluang bisnis baru.

"Kami berencana mengembangkan usaha ritel dengan pembangun “Rukun Market”. Asset kami sendiri saat ini sudah mencapai Rp 12 miliar dengan total anggota 312 orang yang tersebar di 49 OPD atau dinas di Kabupaten Kendal," papar Surono.

Ke depan, pihaknya juga akan memperluas keanggotaan. Selain PNS aktif juga membuka kesempatan bagi para pegawai yang sudah pensiun. Ibarat menolak lupa kacang pada kulitnya, demikian perumpamaan Surono, para pegawai yang sudah pensiun itu sejatinya telah berjasa dalam membesarkan KPRI di masa sebelumnya. Selamat!

(PRIONO)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar