KPN KOSUP Jambi, Tingkatkan Performa dan Loyalitas Anggota

KPN KOSUP Jambi, Tingkatkan Performa dan Loyalitas Anggota

   KPN KOSUP yang eksis di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, menghelat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020, Selasa (16/2) lalu. Dari 265 orang anggota, hadir secara tatap muka sebanyak 50 orang. Selebihnya mengikuti secara virtual melalui Zoom Meeting. Sejumlah capaian menggembirakan berhasil didapat. Pada  Tahun Buku 2020, misalnya, KPN KOSUP mampu membukukan asset sebesar Rp 8,1 miliar dan memperoleh  SHU sebesar Rp. 701,16 juta. Nominal SHU ini naik signifikan (30,4 %) dari tahun sebelumnya sebesar 537,58 juta. 


    Dalam sejumlah diskusi ringan Warta Koperasi dengan Ketua KPN KOSUP Provinsi Jambi Ir. Zainal Arifin M.Sc, pihaknya memang tengah intens untuk menerapkan Teknologi Informasi (TI) pada Lembaga koperasi. “Problem masih rendahnya prosentase koperasi yang bisa melaksanakan RAT (38,7%), diantaranya, disebabkan oleh faktor rendahnya mutu SDM dan penguasaan teknologi,” papar Zainal. RAT secara virtual adalah salah satu ikhtiar penerapan TI di kalangan koperasi.   

    KPN KOSUP memang terus berikhtiar meneguhkan kemandirian. Hal ini terlihat setidaknya melalui kemampuan mengakumulasi modal sebesar Rp 8,1 milyar dengan Rp 3,89 milyar atau hampir 50% diantaranya adalah simpanan sukarela anggotanya. Kepercayaan anggota terhadap koperasinya juga tergolong tinggi. Bahkan, ada seorang anggota yang bersedia menabung sebesar Rp 810 juta. Buahnya, anggota loyal tersebut mendapat SHU sebesar  Rp. 52,9 juta.

img-1613833067.jpg

    Pendapatan KPN KOSUP juga meningkat sebesar 22,2 persen, menjadi Rp 846,267 juta dari tahun sebelumnya (2019) sebesar Rp 692,517 juta. Guna mendukung performa bagus di atas, KPN KOSUP mengeluarkan Rp 179,28 juta atau meningkat 15,7 % dari tahun sebelumnya sebesar Rp 154,93 juta.

    Dalam sambutannya, Ketua PKPRI Provinsi Jambi Drs. H. Kms. Mohd. Basarudin yang menghadiri acara tersebut, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pengurus dan Badan Pengawas yang sudah bekerja keras untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban Tahun Buku 2020, sehingga Rapat Anggota Tahunan Buku 2020 dapat terlaksana. Menurut Basarudin, keberhasilan ini merupakan kerja kolektif yang perlu dipertahankan, baik kinerja maupun soliditas antara Pengurus dan Anggota. “KPN KOSUP diketuai oleh Ir. Zainal Arifin. M. Sc, dan sejak beliau diberi mandat, perkembangan dari tahun ketahun. Terutama untuk kesejahteraan Anggotanya, khususnya Pegawai Negeri Sipil,” puji Basaruddin, dalam pernyataannya kepada Warta Koperasi, Kamis (18/2) lalu. Selamat!

(PRIONO) 

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar