Ikut RAT Dapatnya Banyak!

Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tunas Kencana di lingkungan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) sudah sewajarnya  senang mengikuti rapat anggota tahunan (RAT) koperasinya.

Pasalnya, setiap anggota yang mengikuti RAT akan pulang dengan SHU, uang duduk senilai Rp 1 juta, dan uang transport Rp 200 ribu.

Bagi anggota beruntung, akan mendapatkan tambahan doorprize uang dan barang. Doorprize uang paling kecil Rp 500 ribu dan paling besar Rp 4 juta. Sementara doorprize barang senilai Rp 250 ribu berisi paket sembako.

Perihal KPRI ini membagikan SHU lengkap dengan paket uang duduk plus transport  diungkapkan Ketua KPRI Tunas Kencana Husein Fauzan saat RAT Tunas Kencana yang dihelat di rumah makan di Talun, Cirebon pada Selasa (11/1/2022).

“Saya yakin di Kabupaten Cirebon bahkan di Indonesia belum ada koperasi pegawai  (KPRI) yang memberikan uang duduk dan transport sebesar itu bagi para anggotanya,” terang Fauzan seperti dilansir radarcirebon.com.

Dalam laporan pertanggungjawaban pengurus, Fauzan memaparkan sejumlah capaian koperasi yang dipimpinnya. 

Seperti jumlah anggota kini sebanyak 125 orang. Aset Tunas Kencana lebih dari Rp 4,4 miliar. Sedangkan ekuitas sekitar Rp 3,4 miliar.

Untuk simpanan, simpanan pokok sebesar Rp 300 ribu, simpanan wajib Rp 250 ribu, dan dana sosial Rp 30ribu. Bagi anggota baru, kata Fauzan, diwajibkan membayar uang penyetaraan Rp 3 juta yang menjadi milik koperasi.

“Dari kekayaan dengan berbagai jenis usaha yang dikelola, SHU tahun ini tercapai 105 persen atau sekitar Rp 47 juta dari target sekitar Rp 45 juta,” terang Fauzan.

Plafond pinjaman, unit simpan pinjam (USP) Tunas Jaya melayani kebutuhan pinjaman anggota maksimum Rp 150 juta dengan jangka waktu angsuran 72 bulan, jasa satu persen menurun.

Selain USP, Tunas Kencana juga membesut sejumlah usaha seperti warung serba ada (waserda), kredit motor dan mobil, foto copy.

Juga jasa pembayaran rekening  listrik, layanan isi ulang listrik (token),  telepon,  cicilan kredit roda dua dan empat, isi ulang pulsa pra bayar dan pasca bayar, tiket kereta api, TV kabel (TV berbayar), pajak kendaraan dan PBB, PDAM, transfer uang.

Koperasi ini juga peduli dengan memberikan beasiswa dengan jumlah total Rp 8 juta bagi anak anggota koperasi yang menduduki ranking satu sampai lima.

Karena RAT digabung dengan rapat anggota rencana  kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja, maka dibahas juga sejumlah rencana kerja tahun 2022. Seperti  program tabungan haji dan pinjaman untuk umroh.

RAT dihadiri sejumlah tamu undangan seperti Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon diwakili Kabid Koperasi Edwin Yudianto, Wakil Ketua Dekopinda Ma’mun Efendi, Kepala Dinas PPKBP3A yang juga menjadi penasehat koperasi Eni Suhaeni.

(Susan/foto : istimewa)

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar