Hemat Pangkal Cuan ala Warren Buffett


Warren Buffet dikenal sebagai investor sukses dan miliarder yang mengaplikasikan hidup hemat dalam kesehariannya. 

Dari kebiasaan hidup hemat tersebut, Buffet bisa terus mengumpulkan cuan dan masuk dalam deretan orang terkaya nomor enam di dunia dengan total kekayaan bersih atas US$ 100 miliar atau lebih dari Rp 1.400 triliun.

Meski hidup hemat, bukan berarti laki-laki kelahiran Omaha, Nebraska 91 tahun lalu, juga CEO Berkshire Hathaway yakni perusahaan investasi saham terbesar di dunia itu pelit ya. Terhitung sejak 2006 Buffet telah mendonasikan uang Rp 599 triliun atau US$ 41,5 miliar. Wow besar sekali kan?

Bahkan Buffet telah berjanji akan menyedekahkan 99 persen hartanya untuk kegiatan sosial.  Mulia kan.

Nah berikut tips hemat Warren Buffett yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dikutip dari gobankingrates.com:

1. Putuskan Menjadi Kaya.

Untuk menjadi kaya, kita harus percaya bahwa suatu hari kita akan kaya. Menurut Huffington Post, Warren Buffett pernah  berkata, “Saya selalu tahu saya akan menjadi kaya. Saya tidak berpikir saya pernah meragukannya selama satu menit." 

Agar tujuan menjadi kaya terwujud, maka kita harus menerapkan target tinggi untuk diri sendiri dan bekerja menuju goal kita menjadi kaya.

Menjadi kaya di sini bisa didahului dengan mindset mandiri secara finansial yang terasa lebih dekat dengan keseharian. Dengan membuat goal jangka pendek yakni mandiri secara finansial, maka kita akan lebih mudah memproyeksikan goal kaya yang akan kita raih.

2. Menabung Dulu

Dalam berbagai kesempatan, Buffet yang baru ketiban cuan triliunan dari korporasi Apple itu, kerap berpesan menabung dulu sebelum membeli sesuatu.

Nah, pas banget menjelang tanggal-tanggal gajian, ada baiknya kita mengingat-ingat pesan Buffet. Sisihkan sebagian dari gaji untuk tabungan. Bukan dihabiskan untuk belanja tidak penting ya.

3. Membeli Yang Diperlukan

Nasehat keuangan Buffet  yang lain yakni membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Bukan membeli barang karena keinginan kita.

Buffet mewanti-wanti jangan sampai kita menjual barang yang kita beli karena tidak punya uang sebagai konsekuensi perilaku konsumtif.

4. Membayar Secara Tunai

Menarik nih prinsip Buffet untuk membayar transaksi secara tunai. Secara era sekarang adalah zaman kartu. Bahkan ada stigma yang berkembang transaksi dengan cash dianggap kuno alias jadul.

Maksud Buffet di sini adalah ia terbiasa membayar dengan kontan, bukan mencicil atau meminjam. Buffet sangat menghindari pinjaman. Bahkan untuk investasi pun, dia menghindari pinjaman.

Mudah kan tips hidup hemat alias frugal living ala Warren Buffet. 


Kategori
Tips

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar