Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berbisnis

Memulai bisnis menjadi salah satu alternatif tetap survive di tengah pandemi. Namun harus diperhatikan hal-hal krusial agar bisnis berhasil.

Pandemi membuat sebagian kita mengalami perubahan dalam hal finansial. Melirik memulai bisnis menjadi salah satu alternatif. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berbisnis : 

1. Tahu strategi bisnis.

Strategi bisnis penting untuk mendukung perkembangan bisnis kita. Dengan mengetahui strategi bisnis, langkah  kita memulai  dan mengembangkan bisnis lebih mudah.

Stategi bisnis memudahkan kita membuat pemetaan bisnis untuk jangka waktu tertentu. Misal tahap awal memulai bisnis alias start up dan pengembangan alias ekspansi usaha.

2. Branding

Agar bisnismu dilirik orang, dan customer tetap loyal, maka branding bisnis harus kuat. Branding yang kuat akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. 

Branding ini menyangkut konsistensi bisnis kita. Mulai dari logo, packaging, kecepatan layanan, dan kualitas produk, keistimewaan produk ketimbang produk di pasaran.

3. Kenali customer

Customer adalah sasaran, pengguna produk kita. Karena mereka adalah target market, maka kita harus tahu apa yang diinginkan oleh pembeli. Hal-hal apa yang mengikat mereka tetap loyal dengan produk kita. Hal-hal apa yang menjadi keberatan kita.

4. Kualitas Produk

Sebaik apapun branding kita, tanpa kualitas produk yang bagus, pelanggan akan berpaling. Kualitas produk jika kita berbisnis makanan mulai dari rasa, volume, dan packaging produk.

                                               (Susan/Foto : istimewa)

Kategori
WIRAUSAHA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar