Diskop UKM Jatim Helat Advokasi Pengembangan TI

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menghelat advokasi pengembangan teknologi informasi.

Kegiatan tsb diperuntukkan bagi Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) dan Unit Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (USPPS) di Jawa Timur dan diikuti sekitar 70 peserta.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Diskop UKM Jatim Cepi Sukur Laksana mengungkapkan kegiatan tersebut wujud modernisasi dan digitalisasi koperasi. 

“Sesuai dengan tema hari Koperasi ke-74 tahun 2021 lalu, yaitu Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat, harapan kami koperasi ini jangan seperti dulu. Pengelolaan koperasi masih menggunakan teknologi jadul," terang Cepi seperti rilis di website Diskop UKM jatim pada Jumat (10/5/2022)

Dalam uraiannya Cepi berpesan agar peserta saling membaur dan sharing informasi dengan peserta lainnya. 

“Jangan pasif, karena dengan sharing informasi tentunya banyak hal positif yang bisa diambil dalam pengelolaan koperasi kedepannya."

Dikatakan Cepi pengelolaan koperasi tidak bisa dilakukan sendiri. Tetapi harus punya jaringan dan berkolaborasi antar koperasi. Karena, kata dia, jaringan usaha koperasi ada di dalam prinsip koperasi.

“Jaringan usaha koperasi inilah yang membangun usaha bersama supaya lebih baik lagi dengan cara memberikan informasi, memberikan kerja sama antar koperasi, baik itu sharing modal maupun sharing informasi terkait pengelolaan koperasi."

Cepi juga menyoroti tiga prinsip pengelolaan koperasi yakni kelembagaan, usaha yang dikelola, dan laporan keuangan. 

“Ketiga komponen ini saling terkait dan harus dijalankan bersama-sama. Jika ketiga prinsip ini tidak dijalankan bersama-sama, maka di dalam pengelolaan koperasi tidak akan berjalan dengan baik."

Untuk legalitas institusi, Cepi mengingatkan koperasi wajib memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). 

NIB sekaligus sebagai TDP (Tanda dLan harus juga memiliki Izin Usaha Simpan Pinjam (IUSP) Syariah. 

“IUSP ini wajib dimiliki karena Anda semua ini mengelola sektor keuangan,” ujar Cepi seperti dilansir kominfo.jatimprov.go.id.


 (Susan/foto : istimewa).

Kategori
DINAMIKA

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar